Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Gelas Bilangan pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan

Rizkiyanti Rizkiyanti(1), Nurfaizah. AP Nurfaizah. AP(2*), Nurfaizah. AP Nurfaizah. AP(3*), Azlindah Azlindah(4), Azlindah Azlindah(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Kota Makassar
(5) Kota Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini menelaah tentang pengaruh dalam Meningkatkan Hasil belajar Matematika Menggunakan Media Gelas Bilangan pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui penggunaan media gelas bilangan  untuk meningkatkan hasil belajar matematika di kelas I UPT SPF SDI Mannuruki I. Jenis penelitian adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus , dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini diperoleh melalui lembar observasi, tes dan dokumentasi. Data hasil observasi akan dianalisis secara kualitatif sedangkan data hasil belajar siswa akan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada di siklus I masih berada pada kategori sedang secara klasikal belum terpenuhi. Sedangkan di siklus II telah memenuhi KKM dan berada dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gelas bilangan dapat memperbaiki proses mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada Peserta Didik kelas I di UPT SPF SDI Mannuruki I. 

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2014. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi. 1997, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bina Aksara. _______. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Daryanto dan Mulyo Radhardjo.2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:

Penerbit Gava Media.

Hariwijaya. (2009). Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta: Tugu Publiser.

Heruman. 2013. Model PembelajaranMatematika. Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Karya Offset.

______. (2014). Model PembelajaranMatematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Isrok’atun, A. r.(2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Karso, dkk. 2010. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka

Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusumah, W. &Dwitagama. D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Metta, Ariyanto., Kristin, Firosalia., Anugraheni, Indri. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa, jurnal.unimed.ac.id Juanda.

Nalole, A. (2011). Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Pengurangan Bilangan Cacah Dengan Tekhnik Meminjam Melalui Media Kantong Bilangan Di Kelas II SDN Pauwo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jurnal I lmiah Penelitian Pendidikan, Vol 8, Nomor 1.

Prihandoko, A.C. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikan dengan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmah. 2017. Pengaruh Model problem solving learning terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Gugus wijaya kusuma Ngaliyan Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Runtukahu, J, T. &Kandou, S. (2013). PembelajaranMatematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono. A. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafika Persada.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sundayana, R. (2013). Media PembelajaranMatematika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2006. Metode penelitian kualitatif, pendekatan kualitatif, kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta

Sukandar rumidi. 2012. Metodologi penelitian. Yogyakarta: gajah mada press

Wardhani, I dan kuswaya,W. 2014. Penelitian tindakan kelas. Tangerang selatan: universitas terbuka

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: GrahaI lmu.


Article Metrics

Abstract view : 4 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats