Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar

Nurfitriani Ramli(1*), Widya Karmila Sari Achmad(2), Bungawati Bungawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Romang Rappoa
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitan ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri Romang Rappoa Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana taip siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegatan meliputi perencanaan, pelaksanan, observasi dan refleksi. Adapun subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Romang Rappoa Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dukumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 20 siswa hanya 11 siswa atau 55% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori sangat rendah. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana dari 20 siswa terdapat 18 siswa atau 90% telah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dikelas IV SD Negeri Romang Rappoa Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. 

Full Text:

PDF

References


Adiputra, D.K & Yadi Heryadi. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal ilmiah PGSD, 1(2):104-111.

Astuti, Wahyu & Firosalina Kristin. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1(3):155-162

Cahir. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 329 Palambarae Kabupaten Bulukumba Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT. Journal Of teacher professional. Vol 2(1):6-13.

Gunata, I.D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. 1(2): 112-120.

Mahfuza, Fachrani. (2018). Upaya Meningkat Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Di Kelas V Min Sinembah Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2017/2018. Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri.

Melinda, T.R. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Problem Solving Siswa Kelas IV Min 1 Adirejo Kecamatan Pakalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2017/2018. Metro: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Raihana, dkk. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Media Kokami untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. El-Midad Jurnal Jurusan PGMI, 10(1): 41-56

Rosna, Ardi. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran IPA di kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6): 235-246.

Soleh, M.J., Kurnia, D. & Sunarya, D.T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran PIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1) : 2101- 2110.


Article Metrics

Abstract view : 62 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats