Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD melalui Model Problem Based Learning

Ahlia Ahlia(1*), Widya Karmila Sari Achmad(2), Sitti Naisyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Inpres BTN IKIP I pada mata pelajaran matematika. Pada mata pelajaran matematika dari 27 peserta didik hanya 11 peserta didik yang mencapai KKTP diatas nilai minimal 68 dengan persentase 40%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTK kolaboratif antara mahasiswa, guru pamong dan dosen pembimbing lapangan). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Sebagai pemecahan atas permasalahan tersebut, peneliti menggunakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Dari hasil penelitan dan pembahasan diperoleh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran dan dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran, serta juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siklus I yang mencapai nilai KKTP diatas nilai 68 hanya 18 peserta didik dengan presentase sebanyak 66%. Kemudian pada siklus II peserta didik yang mencapai nilai KKTP diatas nilai 68 sebanyak 24 peserta didik dengan peresentase sebanyak 88%.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerepan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajat Matematika siswa kelas IV di UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I.


Full Text:

PDF

References


Devita, Sasamu. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Lahendong. Jurnal: Portal Garuda, 3, 1–2.

Gunantara. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

Ismiyati. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Kauman Kidul Salatiga Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Jendela Pendidikan, 04(01), 10-18.

Rahmadani, Normala. N. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelasa 4 SD. Scholaria:Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3, 249–250.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. In Ghalia Indonesia.

Sabah, Akbar. K. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa Kelas 5 SD Negeri Ledok 04 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9-16.

Slameto. (2011). Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Semarang: Widya Sari Press.

Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Suwangsih E., & Tiurlina. (2018). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Upi Press.


Article Metrics

Abstract view : 62 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats