Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Demonstrasi yang Berbantukan Media Dua Dimensi

Nur Hikmah Idris(1*), Hamzah Pagarra(2), Hamriani Hamriani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 13 Siloro
(*) Corresponding Author



Abstract


Rumusan masalah penelitian ini, Bagaimana penerapan metode demonstrasi berbantukan media dua dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 13 Siloro Kabupaten Pangkep ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi berbantukan media dua dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 13 Siloro. Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dan setting penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 23 siswa, terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Fokus dalam penelitian ini adalah proses penerapan metode demonstrasi berbantukan media dua dimensi, dan fokus hasil adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah data kualitatif yaitu mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Dri hasil observasi dan tes hasil belajar. Disimpulkan bahwa Penerapan metode demonstrasi berbantukan media dua dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 13 Siloro Kabupaten Pangkep dari segi proses maupun hasil.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anitah, Sri W., et.al. (2011). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Penerbit Universitas Terbuka

Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Asrori, Mohammad. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Penerbit CV Wacana Prima

Muhsetyo, Gatot. Dkk. (2014). Pembelajaran Matematika SD. Tanggerang Selatan : Penerbit Universitas Terbuka

Pribadi, Benny A. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Dian Rakyat

Sulhan, Najib. (2010). Pembangunan Karakter Pada Anak :Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif. Surabaya : Penerbit Surabaya Intelektual Club

Turmudi. (2009). Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika Referensi Untuk Guru Matematika Seri 4. Jakarta Pusat : Penerbit PT Leuser Cita Pustaka

Turmudi. (2010). Matematika Eksploratif dan Invetigatif Referensi Metodologi Pembelajaran Untuk Guru Matematika. Jakarta : Penerbit PT Leuser Cita Pustaka

http://belajarpsikologi.com/pengertian-belajar-menurut-ahli/ diakses tanggal 29 Oktober 2021

http://www.asikbelajar.com/2013/08/metode-demonstrasi.html diakses tanggal 29 Oktober 2021

Zakky, (2020). Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Zona Referensi Ilmu Pengetahuan Uum. 31 Maret 2018.


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats