Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Menggunakan Model Pembelajaran PjBL

Nurbayani Nurbayani(1*), Hotimah Hotimah(2), Nurmila Nurmila(3),

(1) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(2) Uiversitas Negeri Makassar
(3) SDN 32 Marinding
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD menggunakan model pembelajaran PjBL. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VI SDN 32 Marinding yang berjumlah 15 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Project based learning dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa persentase dari hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Project based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD. Hasil sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya 2 siswa atau 13% yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 9 siswa atau 60% yang tuntas dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 13 siwa atau 87% yang tuntas belajar. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kinerja yaitu 80% dari seluruh peserta didik dengan KKM 70.


Full Text:

PDF

References


Astalini, K. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA. jurnal pendidikan sains, Vol. 7 No.1, 1.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gagne, R. (1977). The Conditions of Learning. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Ismail, R., Rifma, & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basecedu, 5 No. 2, 959.

Kemmis, & Taggart. (1988). Action Research—Some ideas from The Action Research Planner, Third edition. ed. Deakin University.

Mayuni, R., Rati, W., & Mahadewi, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, Vol. 2 No. 2, 185.

Nurhadiyati, A., Rusdinal, & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 No. 1, 329.

Sari, P., Hidayati, A., Fitria, Y., & Mudjiran. (2018). Effect of Pjbl Model and Preliminary Knowledge on Critical Thinking Skills of Grade Iv Students of Kartika Elementary School 1-11 Kota Padang. International Journal of Educational Dynamics, 1 No.1, 205–210.

Sukma, N., Cahyani, H., & Khosiyono, C. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 8 No. 2.

Sulfemi, M. (2019). The Use of Audio Visual Media in Value Clarification Technique to Improve Student Learning Outcomes in Social Studies. Jurnal Pendidikan, 20 No. 1, 53–68.

Wahyu. (2017). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Tecnoscienza, 1 No. 1, 49–62.


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats