PENERAPAN MODEL STATON ROTATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS V
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Parang Tambung I
(*) Corresponding Author
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan model pembelajaran Station Rotation dalam meningkatkan hasil belajar IPAS kelas V UPT SPF SDN Parang Tambung I. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar murid dengan model pembelajaran Station Rotation pada murid Kelas V UPT SPF SDN Parang Tambung I. Penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus di mana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V UPT SPF SDN Parang Tambung I. sebanyak 22 orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar IPAS murid UPT SPF SDN Parang Tambung I meningkat. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata hasil belajar IPAS pada saat sebelum pelaksanaan penelitian 55,9 menjadi 56, 36 hasil belajar IPAS pada siklus I dari murid yang tuntas berjumlah 8 orang. Kemudian pada siklus II rata-rata hasil belajar murid meningkat menjadi 71,81 dan murid yang tuntas belajarnya sebanyak 10 orang. Disamping itu, data hasil observasi disetiap siklus menunjukkan adanya perubahan sikap murid kearah yang lebih positif, baik dari segi sikap belajar, kearifan, dan kerjasama. Dari hasil analisis tersebut dapat meningkatkan hasil belajar IPAS murid kelas V UPT SPF SDN Parang Tambung I.
Kata Kunci : Hasil Belajar; Station Rotatin;
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Kemendikbud. (2017). Buku Guru IlmuPengetahuanAlamEdisiRevisi 2014. Jakarta: Kemendikbud.
P-ISSN 2086-1397 E-ISSN 2502-6860 Jurnal Visipena Volume 11, Nomor 1, Juni 2020 Jurnal Visipena Vol. 11, No. 1, Juni 2020 |16 PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING ROTASI DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SMP Siti Ambarli1, Zulfiati Syahrial2, Mochammad Sukardjo3 1,2,3Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
Sarimsakova, Dilafruz. (2017).Station Rotation.English Teaching Professional, 109 Stein, Jared & Graham, C.R. (2014). Essentials for Blended Learming: A Standards-Based Guide. New York: Routledge Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya. Sujana, Atep. (2014). Dasar-Dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press Wahidmurni, dkk. (2010). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Lentera
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016a. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
b. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
c. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2017a. Cooperative Learning dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
b. Cooperative Learning dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Suyadi. 2012. Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: ANDI
Stein, Jared & Graham, C.R. (2014). Essentials for Blended Learming: A Standards-Based Guide. New York: Routledge
Sarimsakova, Dilafruz. (2017).Station Rotation.English Teaching Professional, 109
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.
Sandi, Gede. (2012). Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar Kimia DitinjaudariKemandirianSiswa.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(3).
Article Metrics
Abstract view : 6 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats