Penerapan Metode Story Telling Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa

Rina Rina(1*), Muh Asrul Sultan(2), Muh Asrul Sultan(3), Halwiah Halwiah(4), Halwiah Halwiah(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) UPT SD Negeri 13 Bontoramba
(5) UPT SD Negeri 13 Bontoramba
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa setelah menggunakan metode story telling pada siswa kelas IV SDN 13 Bontoramba. Dalam penelitian ini, Guru menerapkan metode pembelajaran Story telling pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 13 Bontoramba, dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan ternyata dengan menggunakan dengan menggunakan metode pembelajaran Story telling dapat meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dari siklus I dengan kualifikasi Cukup (C) meningkat menjadi kualifikasi Baik (B) di siklus II. Kesimpulan penelitian adalah penerapan metode Story telling dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 13 Bontoramba kabupaten Jeneponto.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.

Asrori, & Mohammad. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.

Batu, A. L. L., Hidayat, E., & ... (2021). Analisis Keterampilan Menyimak Cerita Fabel dalam Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Teknik Simak Cerita. Renjana Pendidikan …, 1410–1420. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/2119%0Ahttp://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/download/2119/1957

Bone, K., Hafid, A., & Dh, S. (2023). Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar , Indonesia Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar. 3(1), 83–88.

Dasar Negeri Supat, S. I. (2020). PERAN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR Harlina 1) Ratu Wardarita 2) 1). Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index

Djamarah & Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haifa, U. A. 2019. Pengaruh Penerapan Metode Story Telling Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Pullauweng Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar

Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038–1046. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220

Olta Puspa Multi, A., Rakhmat Riyadi, A., & Mulyasari, E. (2021). Storytelling untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 72–83. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/index

Pada, A. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 84 Kota Pare-pare. Publikasi Pendidikan, 10(1), 73. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12851

Salim, R. M. 2019. Penerapan Metode Story Telling untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD GMIH L.O.C Kabupaten Pulau Morotai. Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli, 3(7).

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2020). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah. Kencana.

Tampubolon, S. (n.d.). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidikan dan Keilmuan (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2014. FORMAT VALIDASI LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA.


Article Metrics

Abstract view : 12 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats