Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Pembelajaran Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Nurul Adawiah Laeka(1*), Nasaruddin Nasaruddin(2), Nurdin Nurdin(3),

(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Paccerakkang
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran flashcard pada siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Paccerakkang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Paccerakkang yang berjumlah 27 siswa. Data keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia dikumpulkan melalui metode yakni lisan dan observasi. Informasi yang diperoleh dianalisis melalui metode analisis statistik deskriptif untuk merinci dan menggambarkan data dengan cara yang sistematis. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar melalui media pembelajaran flashcard. Hal ini ditunjukkkan pada hasil siklus I masuk kategori cukup dengan jumlah nilai rata-rata 50,44%, sedangkan pada siklus II mengalami kemajuan dengan kategori baik 80,25%. Ini terlihat pada ketuntasan yang diperoleh siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Parang dari siklus I, jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 81,48%, dan siswa yang tuntas mencapai 18,51%, kemudian pada siklus II, mengalami penurunan tidak terdapat siswa pada kategori tidak tuntas dan siswa yang tuntas mencapai 99,99%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran flashcard ada peningkatan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Paccerakkang.


Full Text:

PDF

References


Afrilia, A. I., & Siagian, I. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Belajar Membuat Paragraf Deskriptif Siswa-Siswi dengan Menggunakan Metode Flash Card di SMP Islam Hidayatul Ihsan.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108–116. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. In DIDAKTIKA (Vol. 9, Issue 4). https://jurnaldidaktika.org/

Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara (Vol. 4, Issue 1).


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats