Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V dengan Model Team Games Tournament

Nurul Azmi(1*), Nasaruddin Nasaruddin(2), Nurmadina Nurmadina(3),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 019 Manding
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 019 Manding Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar melalui penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualititatif deskriptif yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 18 peserta didik yang terdiri dari 6 perempuan dan 12 laki-laki. Peningkatan yang diamati dalam penelitian ini adalah hasil belajar matemaika. Yeknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) terlaksana dengan baik dan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II terlihat dari aktivitas guru yang berada pada kategori baik. Aktivitas belajar siswa juga terlaksana dengan baik dan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan berada pada kategori baik. Temuan penelitian hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 019 Manding Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.


Full Text:

PDF

References


Anggoro, A. F. D., Hendriana, H., & Yuliani, A. (2023). Kemampuan Pemecahan Matematika, Koneksi Matematika, dan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah. GUEPEDIA. https://books.google.co.id/books?id=os3OEAAAQBAJ

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=-RwmEAAAQBAJ

Astuti, M. (2022). Evaluasi Pendidikan (1st ed.). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=XwGWEAAAQBAJ

Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. AKSARA:Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 05. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Munawaroh, F., IPrasetyaningtyas, F. D., & Arlinda, F. D. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Ngaliyan 03. JIP:Jurnal Ilmu Pendidikan, 1. https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/view/37

Nanang. (2021). Monograf Pengembangan Computer Assisted Instruction Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematik dan Karakter Mahasiswa. Zahira Media Publisher. https://books.google.co.id/books?id=DBktEAAAQBAJ

Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3430

Prasetya, S. P. (2023). KOOPERATIF LEARNING MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru (1st ed.). Penerbit Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=OsvJEAAAQBAJ

Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team games tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasilbelajarmatematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2. https://doi.org/2579-9258

Suryani, A., Suarjana, I. M., & Artini, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan. Indonesian Gender and Society Journal, 1, 29–34. https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/index


Article Metrics

Abstract view : 6 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats