Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas III UPTD SD Negeri 23 Barru Kabupaten Barru

Ahmar Ahmar(1*), Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien(2), Muh. Rizah Putrawan(3), Yati Bt Samsuddin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang terlihat pada mata pelajaran SBdP Kelas III di UPTD SD Negeri 23 Barru dan bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran SBdP Pada Siswa Kelas III UPTD SD Negeri 23 Barru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah fokus  proses dan fokus hasil belajar. Teknik dan prosedur pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III dan siswa kelas III sebanyak 30 orang yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai pelaksana tindakan dan guru kelas sebagai observer. Teknik analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siklus I sebesar 60% (cukup) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata siswa 72,67. Kemudian pada siklus II terdapat peningkatan menjadi sebesar 73,3% (baik sekali) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata siswa 80. Berdasarkan analisis hasil belajar SBdP, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar SBdP siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Jigsaw.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Furqany, R., Muchlis, E. E., & Hanifah. (2017). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 1, No. 2, Desember 2017 eISSN 2581-253X. Jp2Ms, 1(2), 122–126.

Luthfi, A., Abd Rachman, F., & Rachman ;;, A. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Sma N 1 Indralaya Di Kelas Xi Ipa 1 Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Ii. 99–114.

Mardiana. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 1 Kaur Selatan Kabupaten Kaur. Bengkulu.

Putra, A. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Sekolah Dasar. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Wati, D. K., Supriana, E., & Sulur, S. (2020). Pengembangan E-Book Fisika Berbasis Multi Representasi dengan Corrective Feedback pada Materi Gerak Lurus Kelas X SMA/MA. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 4(1), 34–41.


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats