Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa SD Kelas IV

Annisa Nur Qomariyah(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), St. Sainab Saleh(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDI UNGGULAN PURI TAMAN SARI
(*) Corresponding Author



Abstract


Belajar Minimal (SKBM). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPA di Kelas V UPT SPF SD Inpres Unggulan Puri Taman Sari dan apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Puri Taman Sari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 25 siswa dan 1 guru. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Sedangkan pada siklus II hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Puri Taman Sari.


Full Text:

PDF

References


Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=MfomDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Darsani, L.(2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/19293

Fathurrohman, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran.Yogyakarta:Garudhawaca. https://books.google.co.id/books?id=6KA2DwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Halik, A. (2017). Hubungan Gaya Belajar Mahasiswa denga Prestasi Belajar Mahasiswa pada Kampus V UNM PGSD Parepare pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Jurnal Publikasi Pendidikan, 7(1), 25-30.https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/2827/pdf_4

Kudisiah.(2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Bedus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(2), 199. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/475

Nuraini, F. (2017). Penggunaan Model ProblemBased Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil BelajarIPA Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan,1(4). http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15673

Safrida, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 7(1). http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/433

Sudiarta, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajr Fisika Materi Suhu dan Kalor. Journal of Education Action Research, 3(4), 440. https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.22664

Sudjana, N. (2010). Penilaian Proses Belajar Mengajar Cetakan 14. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Utama,K.H. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). https://media.neliti.com/media/publications/451460-none-01126094.pdf


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats