Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar

LILIS SRI WAHYUNI(1*), Hardiyanto Rahman(2),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui adanya nya pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas II sekolah dasar. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik Kelas II di SD Negeri 149 Amessangeng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng yang berjumlah 31 peserta didik. Sampel dalam penelitian berjumlah 31 peserta didik. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah gambaran sebelum penggunaan media pembelajaran audio visual menunjukkan kategori sedang dan setelah penggunaan media pembelajaran audio visual menunjukkan kategori sangat tinggi dan hasil belajar peserta didik dapat digambarkan pada pretest mendapatkan nilai sedang sedangkan pada posttest mendapatkan sangat tinggi serta media pembelajaran audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belalajar peserta didik kelas II Sekolah Dasar.  

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 11 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats