Penerapan Metode Mind Mapping sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SD

A.Etika Meidiaty Anugrah(1*), Erma Suryani Sahabuddin(2), Iriyanti Saharibulan(3),

(1) Pendidikan Profesi Guru Bidang Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN 2 Terang-terang
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Kelas V Tema 9 Benda-benda di Sekitarku masih dibawah nilai KKM. Rendahnya hasil belajar siswa ini dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran dan juga minat peserta didik yang sangat rendah karena proses pembelajaran yang monoton. Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik ini menggunakan alternatif pemecahan masalah yakni penerapan metode Mind Mapping. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini diadakan pada tanggal 4 – 30 Mei 2023. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dikaji oleh peneliti adalah terlihat dari data-data nilai rata-rata evaluasi dan perubahan hasil belajar peserta didik selama beberapa siklus penerapan metode Mind Mapping. Hal itu terbukti dari peningkatan persentase tiap-tiap siklus berdasarkan observasi. Hasil persentase rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 36% atau termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus II persentase rata-rata meningkat menjadi 73% atau termasuk dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V di SD.


Full Text:

PDF

References


Acesta, Arrofa. 2020. “Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 4(2b): 581–86.

Aini, Annisa, Andayani Andayani, and Atikah Anindyarini. 2012. “Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar.” BASASTRA 1(1): 035–045.

Ananda, Rizki. 2019. “Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 1(1): 1–10.

Kasmawaty (2023). " Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD Negeri 07 Biau."

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Susanti, Sri. 2016. “Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1): 25–37.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta


Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats