Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas V Sekolah dasar
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar IPA pada siswa kelas V sekolah dasar masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui penelitian tindakan kelas, yang melibatkan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus utama penelitian adalah menerapkan model Problem Based Learning guna meningkatkan hasil pembelajaran IPA pada siswa kelas V sekolah dasar di UPT SPF SD Inpres Lanraki 1. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, serta data dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning menghasilkan peningkatan dalam pembelajaran IPA. Siklus I hanya 44,44% siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II, angka tersebut meningkat menjadi 88,89%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V sekolah dasar.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 26 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats