Penerapan Model PBL Menggunakan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Bina Nurbani Bahtiar(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar peserta didik pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita kelas V SD Negeri 1 Tallunglipu Kecamatan Tallunglipu Kebupaten Toraja Utara masih rendah, dengan sebagian besar peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media Powerpoint Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua siklus. Prasiklus dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran. Siklus 1 dan Siklus 2 dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Powerpoint Interaktif. Kriteria keberhasilan penelitian ditetapkan dengan menggunakan skala penilaian 1-100, di mana nilai 65 merupakan Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Powerpoint Interaktif. Persentase peserta didik yang mencapai KKM meningkat dari 59% menjadi 91%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Powerpoint Interaktif berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita kelas V SD Negeri 1 Tallunglipu Kecamatan Tallunglipu Kebupaten Toraja Utara.

 

Keywords: Problem Based Learning, Powerpoint  Interaktif, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats