Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SDN Benteng Utara No.59 Kepulauan Selayar

Andi Dahliani(1*), Faidah Yusuf(2), Hardianto Rahman(3),

(1) 
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang ada di kelas V. Beranjak dari permasalahan tersebut sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan  model pembelajaran  Problem Based Learning (PBL) pada Matapelajaran IPA Kelas V UPT SDN Benteng Utara No.59 Kepulauan Selayar. Dan apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasilpada Matapelajaran IPA Siswa Kelas V UPT SDN Benteng Utara No.59 Kepulauan Selayar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan untuk mengetahui peningkatan hasil pada Matapelajaran IPA Materi Siklus Air Siswa Kelas V dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Fokus penelitian terdiri dari fokus proses dan fokus hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data diolah menggunakan teknik analisi data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I Hasil penelitian pada proses pembelajaran berada di kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada dikualifikasi kurang (C). Sedangkan paada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada dikualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada dikualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Probem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pada Matapelajaran IPA Siswa Kelas V UPT SDN Benteng Utara No.59 Kepulauan Selayar.

Full Text:

PDF

References


Aidawati. (2016). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL) Pada Siswa Kelas XII Multimedia Di SMK Negeri 1 Samarinda Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 10(2), 49.

Alfanika. (2016). Analisis Wacana Kritis Teori Inclusion Theo Van Leeuwen Dalam Berita Kriminal Tema Pencurian Koran Posmetero Padang Edisi Mei 2013. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 33–43.

Faizah. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Seworan, Wonosegoro. 5(1), 1–12.

Mahmud dan Priatna. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Buku.

Masruroh. (2015). Pengaruh Kecemasan Siswa Pada Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 175–186.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220

Pendidikan, U.-U. R. I. N. 12 T. 2012 T. T. (2012). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Tentang Pendidikan Tinggi.

Purnomo. (2011). Metode Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8.

Rahardjo. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Http://Repository.Uin-Malang.Ac.Id/1123/1/Metode-Pengumpulan.Pdf.

Siregar, M. D. (2015). Kinerja Guru Dalam Mengelolah Proses Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education, 10(2), 233–247.

Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3216


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats