Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SDN Benteng Utara No.59 Kepulauan Selayar

andi dahliani(1*), Faidah Yusuf(2), Faidah Yusuf(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalahrendahnya hasil belajar siswa yang ada di kelasV. Beranjak dari permasalahan tersebutsehingga rumusan masalah pada penelitian iniadalah bagaimanakah proses penerapan  modelpembelajaran  Problem Based Learning (PBL) pada Mata pelajaran IPA Kelas V UPT SDN Benteng Utara No.59 Kepulauan Selayar. Dan apakah penerapan model pembelajaran ProblemBased Learning (PBL) dapat meningkatkan hasilpada Mata pelajaran IPA Siswa Kelas V UPT SDN Benteng Utara No.59 Kepulauan Selayar.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan untuk mengetahuipeningkatan hasil pada Mata pelajaran IPA Materi Siklus Air Siswa Kelas V denganpenerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pendekatan yang digunakanadalah pendekatan kualitatif. Fokus penelitianterdiri dari fokus proses dan fokus hasil belajarIPA dengan menerapkan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL). Teknikpengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnyadata diolah menggunakan teknik analisi data.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakandua siklus. Pada siklus I Hasil penelitian padaproses pembelajaran berada di kualifikasi cukup(C) dan hasil tes belajar berada dikualifikasikurang (C). Sedangkan paada siklus II hasilpenelitian pada proses pembelajaran beradadikualifikasi baik (B) dan hasil tes belajarberada dikualifikasi baik (B). Kesimpulan padapenelitian ini adalah model pembelajaranProbem Based Learning (PBL) dapatmeningkatkan proses dan hasil belajar padaMata pelajaran IPA Siswa Kelas V UPT SDN Benteng Utara No.59 Kepulauan Selayar.

Full Text:

PDF

References


Aidawati. (2016). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL) Pada Siswa Kelas XII Multimedia Di SMK Negeri 1 Samarinda Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 10(2), 49.

Alfanika. (2016). Analisis Wacana Kritis Teori Inclusion Theo Van Leeuwen Dalam Berita Kriminal Tema Pencurian Koran Posmetero Padang Edisi Mei 2013. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 33–43.

Faizah. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Seworan, Wonosegoro. 5(1), 1–12.

Mahmud dan Priatna. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Buku.

Masruroh. (2015). Pengaruh Kecemasan Siswa Pada Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 175–186.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220

Pendidikan, U.-U. R. I. N. 12 T. 2012 T. T. (2012). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Tentang Pendidikan Tinggi.

Purnomo. (2011). Metode Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8.

Rahardjo. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Http://Repository.Uin-Malang.Ac.Id/1123/1/Metode-Pengumpulan.Pdf.

Siregar, M. D. (2015). Kinerja Guru Dalam Mengelolah Proses Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education, 10(2), 233–247.

Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3216


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats