Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Problem Based Learning Di Sekolah Dasar

Muh Ilham Sijaya(1*),

(1) Universitas negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana karakter dibentuk melalui pembelajaran. penelitian yang dilakukan di UPT SD Negeri 15 Turatea khusus nya di kelas 5 dengan jumlah siswa sebanyyak 24 siswa. Pendidikan karakter menjadi tren di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman, sehingga dikhawatirkan akan hilang nilai-nilai karakter suatu masyarakat, khususnya nilai-nilai karakter lokal suatu masyarakat. Artikel ini mengulas penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti terkait implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka, yaitu dengan mengumpulkan artikel-artikel yang berkaitan dengan topik penelitian, yang kemudian ditelaah dan kemudian dikelompokkan berdasarkan jenis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih belum banyak penelitian yang mengimplementasikan pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis masalah

Kata Kunci: problem based learning, pendidikan karakter


Full Text:

PDF

References


REFFERENCE

Jufri, J., & Hasrijal, H. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (Literature Review). Journal on Education, 05(04), 16523–16528. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2819%0Ahttps://www.jonedu.org/index.php/joe/article/download/2819/2390

Rerung, N., Widyaningsih, I. L. S. S., & Wahyu, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.24042/jipf

Soekarnoputri, M., & Kesowo, B. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Teundang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Bab Ii, Pasal 3, 1 (2003). UU Sisdiknas, 1–21. www.hukumonline.com

Surjono, H. D. (2018). Kajian Pustaka ْ و َ ع ْ ح َّ إ ُ س ن ُ ْ د ُ ا ِ ٰ. Molucca Medica, 11(April), 13–45. http://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamed

Syifa, U. Z., Wahyudin, H., Huda, C., Dasar, S., & Pandeanlamper, N. (2023). Analisis Karakter Tanggungjawab Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas V SDN Pandeanlamper 04. 3, 4824–4835.


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats