Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa menggunakan Model Pembelajaran SQ4R pada Kegiatan Berbasis Literasi

Mulia Mulia(1*), Musfirah Musfirah(2), Kartini Magga(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPTD SDN 18 MANGKAWANI
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar membaca pemahaman siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar membaca pemahaman siswa dengan penerapan model pembelajaran SQ4R. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi untuk mengetahui presentase proses dan hasil belajar membaca pemahaman. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas V UPTD SDN 18 Mangkawani pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 14 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data hasil observasi guru pada siklus I mencapai 72,22% dengan kategori cukup (C) dan meningkat pada siklus II mencapai 83,33% dengan kategori baik (B). Data hasil observasi siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I mencapai 73,41% dengan kategori cukup (C) dan siklus II mencapai 87,30% dengan kategori baik (B). Begitupun data hasil belajar membaca pemahaman siswa pada siklus I mencapai 70% dengan kategori cukup (C) dan siklus II mengalami peningkatan mencapai 85% dengan kategori baik (B). Sehingga, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SQ4R dapat meningkatkan proses dan hasil belajar membaca pemahaman siswa.


Full Text:

PDF

References


Agustina. (2008). Pengajaran Keterampilan Membaca.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran Daring. Google Book.

Sarika, R. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Di Sd Negeri 1 Sukagalih. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1437

Subadi, T. (2010). Lesson Study Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Suatu Model Pembinaan Menuju Guru Profesional. In BP-FKIP UMS.

Subair, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Sfae) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V UPTD SDN 145 Barru.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats