PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA_WAHYU AHMADI
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan tingkat kreativitas dan pencapaian belajar mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian berupa siswa kelas 5 di SD Negeri 219 Madekkang 02. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melibatkan observasi, rubrik penilaian, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas belajar siswa pada tahap pra siklus sebesar 64,34% (kategori tidak kreatif), yang kemudian meningkat menjadi 73,90% (kategori cukup kreatif) pada siklus I, dan mencapai 81,99% (kategori kreatif) pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, dengan tingkat ketuntasan belajar pada tahap pra siklus sebesar 58,82% (10 siswa), meningkat menjadi 76,47% (13 siswa) pada siklus I, dan mencapai 94,12% (16 siswa) pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas 5 SD.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 46 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats