Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di SD INPRES Cilallang Kota Makassar

Indah Fitriani(1*), Ramlan Mahmud(2), Sri Rahayu Anwar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Cilallang
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada materi Bahasa Indonesia Kelas I UPT SPF SD INPRES CILALLANG Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan Media Audio Visual (Video Pembelajaran)  untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penggunaan Media Audio Visual (Video Pembelajaran) dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori baik dan penggunaan Media Audio Visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2013. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto., dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kurniawan, N. 2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish.

Maulana, Akmal Hadi. 2014. Penerapan media audio visual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik (Skripsi) kelas IV zulkifli SD muhammadiyah Metro Pusat Kota Metro

Purwono. 2014. Penggunaan media Audio-Visual pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah pertama negeri I pacitan. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran. Vol 2 (2)


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats