Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA kelas V SD

Sri Endang Sari(1*), Hajerah Hajerah(2),

(1) Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi IPA di kelas V SD Negeri 010 Palece Kecamatan Limboro Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi IPA tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas V SD Negeri 010 Palece pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Data dikumpulkan melalui observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan bersifat kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama siklus 1 dan siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I, hasil belajar berada pada kategori cukup, dan pada siklus II terjadi peningkatan yang berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based-Learning (PBL) dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 010 Palece.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cahyo, Agus N. 2013 Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Karwono., & Mularsih, H. 2017. Belajar dan Pembelajaran serta pemanfatan sumber belajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Mairani, E. (2017). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika ( INPAFI ). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 7–16. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi.

Narsita, I., Aras, L., & Muslan, N. (n.d.). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. In Pinisi Journal PGSD.

Nuraini, O. F., Kristin, F., Program, S., Pendidikan, G., Sekolah, D., Universitas, K. S., & Wacana, S. (n.d.). PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SD.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press

Surahman. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan Melalui Media Gambar Kontekstual Pada Siswa Kelas II SD Alkhairaat Towera. 283

Suprayitno, Adi. 2020. Menyusun PTK Era 4.0. Deepublish:Yogyakarta

Undang-Undang No. 20 Tahun 2023 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widya, P., Dewi, P., Wira Bayu, G., & Aspini, N. N. A. (2021). Journal for Lesson and Learning Studies Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD. 4(2), 158–164. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats