Meningkatkan Hasil Belajar Tematik melalui Penerapan Model Contextual Teaching and Learning di SD

Nurmita Janna(1*), Erma Suryani Sahabuddin(2), Idris Idris(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SD Inpres 6/86 Biru
(*) Corresponding Author



Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa tidak berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan desain moldel Kurl Lewin yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa di SD Inpres 6/86 Biru. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus dengan melibatkan guru dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes tertulis dalam bentuk evaluasi diakhir pembelajaran dengan analisis data secara kuantitatif melalui perhitungan nilai rerata dan persentase hasil belajar tematik siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa dari sebelum diberikan tindakan dan setelah diberikan tindakan. Penelitian ini, mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran hendaknya menyesuaikan dengan perkembangan zaman, karakteristik siswa dan materi yang akan diajarkan sehingga tercipta pembelajaran bermakna yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa.


Full Text:

PDF

References


Fatirul, AN 2020. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Internet dan Gaya Kognitif terhadap Prestasi Belajar. Jakad Media: Surabaya.

Fidan, Mustafa dan Tuncel Meric. 2019. Integrating augmented reality into problem based learning: The effe(Fidan, 2019) cts on learning achievement and attitude in physics education. Computers & Education, 142, 103635. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103635

Lestari, dkk. 2020. Model-Model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Nilacakra: Bandung

Mallawi, Ibadullah dan Ani Kadarwati 2018. Pembelajaran Tematik. AE Media Grafika: Surabaya.

Manaf Abdul dan Husnul Khotimah, 2020. Belajar Dan Pembelajaran. Literasi Nusantara Abadi: Malang.

Prastowo Andi, 2019. Pembelajaran Tematik Terpadu. Kencana: Jakarta.

Sugiarto, Toto. 2020. Contextual Teaching and Learning (CTL) Tingkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Mine: Bantul.

Supriyanto, Adi. 2020. Menyusun PTK Era 4.0. Deepublish: Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats