HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE QUESTION AND ANSWER RELATIONSHIP(QAR) MATA PELAJARAN PKN

Windi Widyastuti(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


AbstractThis researcher aims to determine the increase in student learning outcomes in Civics class V at SD Negeri 055 Dadeko using the Question and Answer Relationship (QAR) method. academic year 2020/2021 with a total of 11 students consisting of 5 male students and 6 female students. The research design uses classroom action research (PTK). This research took place in two cycles. Data collection methods used are observation, tests and documentation. The research instruments are observation sheets and tests. The data analysis technique uses classroom action research. The results of the study show that learning outcomes increase by using the Question and Answer Relationship (QAR) model. The increase was shown by students who scored ≥70 in cycle I increased by 9.09% in cycle II to 81.81%. The average value in the first cycle increased by 19.54 in the second cycle, the average value was 81.81. Based on cycle II, it can be concluded that learning outcomes in Civics subjects with the Question and Answer Relationship (QAR) model for fifth grade students at SD Negeri 055 Dadeko have increased.AbstrakPeneliti ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn kelas V di SD Negeri 055 Dadeko dengan menggunakan metode Question and Answer Relationship (QAR). tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 11 siswa terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat dengan menggunakan model Question and Answer Relationship (QAR). Peningkatan ditunjukkan dengan siswa yang memperoleh nilai ≥70 pada siklus I meningkat sebesar 9,09% pada siklus II menjadi 81,81%. Nilai rata-rata pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 19,54 pada siklus II, nilai rata-rata yaitu 81,81. Berdasarkan pada siklus II dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran PKn dengan model Question and Answer Relationship (QAR) bagi siswa kelas V SD Negeri 055 Dadeko meningkat.Keywords: Learning Outcomes; Citizenship Education; Question Answer Relationship (QAR)   

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar.

Bandung: Pustaka Setia.Annur, S. 2005. Metodologi Penelitian. Palembang: P3RF IAIN.

Arief, A. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam.Jakarta: Ciputat Pres.

Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin & Wahyuni, E. N. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:Ar- Ruzz Media.

Basrudin. 2014. Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahopi.Skripsi tidak diterbitkan. Jember Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jember.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, SMA.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Widasarana Indonesia. Hamid, M, S. 2011. Metode Editaiment. Yogyakarta: Diva Press. Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Ibrahim, R. & Sukmadinata, N.S. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismail, F. 2014. Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Jumantoro, P. 2013. Metodologi Pembelajaran dalam https://pranang.blogspot.com/2013/02/penggunaan-metode-tanya-jawab. html, diakses 20 Maret 2016.

Karoni, A. 2011. Pembelajaran Active Learning Starts With a Question untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya Siswa dalam Pembelajaran PKn Kelas V MIM Sraten, Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan.Yogyakarta.UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mahardika, Y. 2003. Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas X Akuntansi 3 dengan Model Active Learning Teknik Guided Teaching dan Keep on Learning di SMK 1 Godean Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan..Yogyakarta.Universitas Negeri Yogyakarta.

Mudyahardjo, R. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhibinsyah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Dasar. Diakses dari http://bnsp- indonesia.org/id/?page id=103 pada tanggal 28 Januari 2015, jam 16.36 WIB.

Poewanti, E. dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Dikti, 2008. Puspita, S. N. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN Bareng 5 Kecamatan Klojen Kabupaten Malang pada Mata Pelajaran PKn. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rahmahwildah. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, andReview (SQ3R) Pada Mata Pelajaran PKN Materi Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Kelas V MIS Nurul Fadhilah Bandar Setia. Skripsi tidak diterbitkan. Sumatera: Universitas Islam Negeri SumateraUtara.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Samandhi, A. 2009. Pembelajaran Aktif (Active Learning). Jakarta: Teaching Improvement Worshop Enginering Education Develompment Project.

Samsuri. 2011. Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Kompetensi Warga Negara. Diakses dari eprints.uny.ac.id/4999.

Soetopo, H. 2005. Pendidikan dan Pembelajaran. Malang : UMM Press.

Sudjana, N. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru,Al- Gensindo.

----------------. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PTRemaja Rosda Karya.

Suptijono, A. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajaran.

---------------. 2009. Coperative Learning: Teori dan Alipkasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2009. Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabet.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: NY Press

Susanto, A. 2012. Teori dan Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tafsir, A. 2007. Metodologi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. Thalib, M. 2001. 20 Kerangka Pokok Pendidikan Islam.Yogyakarta: MU Media.

Ubaedillah, A. & Rozak, A. 2013. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Pancasila, Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uno, H.B. & Mohamad, N. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Utami. 2010. Praktik PAKEM PKn SD: Panduan Praktis Mengajar PKn di Kelas II dengan Aktif, Kreatif dan Menyenangkan (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Zaini, H. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani Zuhdiyah. 2009. Psikologi Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press.


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats