Penerapan Model Pembelajaran project Based Learning(PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi muatan matematika di kelas I UPTD SPF SDN 222 Tonronge

Andi Nurul Asmi(1*), Faidah Yusuf(2),

(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model PjBL dalam meningkatkan hasil belajar muatan Matematika siswa kelas I UPTD SPF SDN 222 Tonronge. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksakan dengan 2 siklus. Pengumpulan data mengguunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian yaitu siswa Kelas I UPTD SPF SDN 222 Tonronge berjumlah 5 siswa. Kegiatan inti dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yaitu (1) menentukan pertanyaan dasar, (2) membuat desain proyek; (3) menyusun penjadwalan; (4) memonitor kemajuan proyek; (5) penilaian hasil; (6) evaluasi pengalaman.Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus ke II. Hasil Observasi siswa pada siklus I dengan persentase 74.74% dengan kategori cukup (C) meningkat pada siklus II dengan persentase 89.89% dengan kategori baik (B). hasil tes evaluasi akhir pada siklus I dengan persentase nilai ketuntasan 36.36% dengan kategori cukup (C) meningkat pada siklus II dengan persentase nilai ketuntasan 81.81% Hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan matematika di kelas I UPTD SPF SDN 22 Tonronge


Full Text:

PDF

References


Astriyandi Andri Asep. 2021. Pendekatan Inquiry Tipe Proj Arikunto ect Based Learning (PjBL)Dan Group Investigation. Indra Mayu Jawa Barat: CV Adanu Abimata.

Hakim, Abdul, Ila Israwaty dan Dewi Harmonda Rustam. 2021.

"PenggunaanMediaVideoPembelajaran PadaTema2TentangKewajiban,HakDan Tanggung Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III UPT SDNegeri228Pinrang." Jurnal Publikasi Pendidikan: ISSN2088-2092:1–6.

Hakim, Abdul, Nur Ilmi and Arisnandar. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Koloid.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 1(1): 11–17.

Ilmi, N. 2021. Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu

Kependidikan, 5(1), 154–160.

Indra, Widya, and Yanti Fitria. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Literasi Sains. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Lukman, Ma’ruf, Muhammad Fajar and Yonathan S Pasinggi. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Enam Di Kabupaten Wajo.” Journal of Education 1(2): 210–16.

Nugraha, Muh. Irfan, Ritha Tuken, and Abdul Hakim. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 5(1): 10–20.

Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Negeri Makassar Tahun 2020.

Septiasih, Ni Wayan Ari, I Gusti Ngurah Japa, and Ni Wayan Arini. 2016. “Penerapan Project Based Learning (PjBL)Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Di Sd.” Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD 4(1): 1–11.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.ph p/JJPGSD/article/view/7306/4982.

Suciani, Tititri, Elly Lasmanawati, and Yulia Rahmawati. 2018. “Media Pendidikan, Gizi Dan Kuliner. Vol. 7, No. 1, April 2018 9.” Jurnal Media Pendidikan,

Gizi dan Kuliner. 7(1): 9–17.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Vebrianto, Rian et al. 2021. Bahan Ajar IPA Berbasis Model Pembelajaran Poject Based Learning (). Riau: Dotplus Publisher.

Yani Ahmad. 2021. Model Project Based Learning (PjBL)Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Ahli media book.

Yulianto, Aris, A Fatchan, and I Komang Astina. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2(3): 448–53.


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats