Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Melalui Penerapan Metode Think Talk Write

Muzakkirul Ihsan Barja(1*), Muh. Ardiansyah(2), Asmawati Asmawati(3),

(1) PPG Universitas Negeri Makassar
(2) PPG Universitas Negeri Makassar
(3) SDN 3 Balangnipa
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis narasi siswa di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narsi siswa melalui penerapan metode Think Talk Write. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin dengan langkah-langkah mulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan subjek yang berjumlah 22 siswa kelas VI di SDN 3 Balangnipa. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti, menunjukkan peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa, dari nilai 72 (siklus 1) menjadi 82 dengan peningkatan 10. Persentase kemampuan menulis karangan narasi siswa, berdasarkan uraian pada siklus 1 dan siklus II menghalami peningkatan meskipun belum dapat mencapai kemampuan menulis yang ideal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Think Talk Write secara efektif meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Revisi): Bumi Aksara.

Febyani, R., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2020). Penerapan model think talk write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi di Kelas Tinggi. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 71–81. https://doi.org/10.37150/perseda.v2i2.428

Harahap, A. Y. A., & Hasibuan, A. M. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran ThinkTalk Writeterhadap Hasil Belajar Matematika: Journal on Teacher Education, 4, 629635. https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12862

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas: Kencana.

Tarigan, & Henri, G. (1994). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa: Angkasa.

Wati, S. H., & Sudigdo, A. (2019). Keterampilan menulis karangan narasi sejarah melalui model pembelajaran mind mapping bagi siswa Sekolah Dasar: Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1, 274282. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4760

Yamin, & Dkk. (2008). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa: Gaung Persada Press.


Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats