PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 63 KANDOA

Pinrakati Sioja(1*), Latri Aras(2), Muliyati Muliyati(3),

(1) Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 63 Kandoa
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajara siswa pada pembelajaran Tematik di kelas V  SD Negeri 63 Kandoa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 63 Kandoa dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Prosedur penelitian terdiri dari III siklus. Adapun hasil penelitian yaitu proses dan hasil dengan menerapkan Problem Based Learning pada pembelajaran Tematik yang mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan belajarnya 57,14% dengan kategori kurang, pada siklus II ketuntasan belajarnya 71,43% dengan kategori cukup, dan pada siklus III ketuntasan belajarnya85,71%dengan kategori baik. Kesimpulannya bahwa dengan menerapkan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 63 Kandoa.

Full Text:

PDF

References


Hamzah, A. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Batu: Literasi Nusantara.

PTK Tematik Terintegratif Kajian Teori dan Praktik. Malang: Literasi Nusantara.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kurniawan, N. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sani, R. A. 2017. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sani, R. A., & Sudiran. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Huta Media.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group


Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats