IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 109 BALEBO
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 109 Balebo
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas III UPT SD Negeri 109 Balebo Kabupaten Luwu Utara yang belum mencapai standar ketuntasan minimum yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam mengetahui tingkat persentase proses dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III UPT SD Negeri 109 Balebo pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa diperoleh hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan proses belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III UPT SD Negeri 109 Balebo.
Full Text:
PDFReferences
Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12308
Desriyani, E., Yudianto, S. A., & Supriatno, B. (2018). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Bermuatan Nilai dalam Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 52–56. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13047
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.
Ilmi, N. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 154–160.
Indra, W., & Fitria, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. CV Budi Utama.
Johar, R., & Harum, L. (2019). Strategi Belajar Mengajar untuk Menjadi Guru yang Profesional.
Khanifah, L. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1), 900. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p900-908
Manihar, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas.
Pasinggi, Y. S., Ma’ruf, M. F., & Lukman. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Enam Di Kabupaten Wajo. Journal of Education, 1(2), 210–216.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner. Vol. 7, No. 1, April 2018 9. Jurnal Media Pendidikan, Gizi Dan Kuliner., 7(1), 9–17.
Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. CV Budi Utama.
Wahyudi, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Statis Danlistrik Dinamis Siswa Kelas X Rpl 1 Smk N I Dlanggu.Kab. Mojokerto Tapel 2018/2019. Journal of Education Action Research, 5(1), 57–66. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31997
Article Metrics
Abstract view : 71 times | PDF view : 21 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats