Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Penerapan Problem Based Learning Siswa Kelas V SD

Mekar Melati Amir(1*), Imelda Sahmi Rachman(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) UPT SDN 5 Padangtangalau
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Tematik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri 5 Padangtangalau. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil belajar menunjukkan  hasil belajar siswa pada siklus I  rata-rata 73,63, tingkat keberhasilan belajar  klasikal 68,1%, dan pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata 86,81, tingkat keberhasilan klasikal adalah 86,3%.

 


Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (Edisi VI). Unisulla Press.

Ariyanti, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran. 5(2).

Aqib, Z. (2017) Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif (Edisi VII). Yrama Widya.

Arikunto, S., dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi II). Bumi Aksara.

Dais, R, K. (2018) Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Skripsi. Jurusan Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.

Hapsari, R., & Sulistya, N. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Ilmu. 26 (1)

Hardini, I., & Puspitasari, D. (2017). Strategi Pembelajaran Terpadu (Edisi I). Group Relasi Inti Media.

Kurniasih, R., dkk. (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif dengan AFL melalui Strategi Pemberian Balikan untuk Meningkatkan Perhatian Siswa terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 2 (1)

Putri, R. H, & Hardjono, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Mind Mapping. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 2(1)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats