Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Ernawati Takdir(1*), Nur Abidah Idrus(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas IVA SD Negeri 23 Batara yang berjumlah 26 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data ini menggunakan instrument berupa lembar observasi keterlaksanaan medel pembelajaran dan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 63,42 dengan persentase belajar klasikal 38% dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 83,46 dengan persentase 96%.


Full Text:

PDF

References


Drs. Ramli, M. P., & Irnawati. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay. Bitnet Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 6–10.

Ilyas, M., Ma’rufi, M., & Nisraeni, N. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka Ramadhan.

Indriani, F. (n.d.). Peningkatan Hasil Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn 14 Bonegunu Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tgt. Prosiding Seminar Nasional, 02(1).

Mauluah, L. (n.d.). Implementasi Pendekatan Konstruktivisme Pada Pembelajaran Operas! Bilangan Bulat Dipgmi. http://www.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).


Article Metrics

Abstract view : 25 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats