Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret: Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik

Erna Kusumaningrum(1*),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan konsentrasi belajar peserta didik kelas II di SD Negeri Sudiang menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning yang didukung oleh media konkret. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas II A di SD Negeri Sudiang yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data hasil observasi konsentrasi belajar peserta didik di analisis menggunakan statistik deskriptif dari hasil pengamatan konsentrasi belajar peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media konkret menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi belajar peserta didik yang signifikan. Pada siklus I, diketahui bahwa nilai rata-rata konsentrasi belajar peserta didik yaitu 11,17 dengan persentase 66% (kategori cukup). Kemudian pada siklus II, nilai rata-rata konsentrasi belajar peserta didik meningkat menjadi 13,52 dengan persentase 80% (kategori baik) yang mencapai indikator keberhasilan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media konkret dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas II A di SD Negeri Sudiang.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Ernawati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar SIsiwa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Ditinjau dari Hasil Belajar. Jurnal Elementary, 6(1), 90-98.

Fridaram, O., & dkk. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161-170.

Nursolehatun, T. (2018). Peningkatan Konsentrasi Belajar Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas II. Paedagogie, 13(1), 71-77.

Ratnasari, F., Veryliana, P., Agnita, S. P., & Ulin, N. (2023). Lesson Study MEnggunakan Model PBL untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 2 SD Supriyadi Semarang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(2), 1078-1086.

Safitri, A. N., Andri, A., & Albertus., S. (2022). meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pasca Pandemi Covid 19 di SDN Bagunrejo 1. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 4908-4915.

Tilaar. (2017). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Wahyuningsih, N. T., Ahmad, S., & Muhammad, D. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pinisi Journal PGSD, 1(3), 809-820.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuhri, S. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar PPKn Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot di Kelas V Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 18-26.


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats