MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF DENGAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING KELAS V UPT SDN 38 KULINJANG
(1) Mahasiswa PPG Prajabatan 2022 Angkatan 1
(2) PGSD Universits Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif dengan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi Proses Kelas V UPT SDN 38 Kulinjang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Model Kooperatif dengan Process Oriented Guided Inquiry Learning pada mata pelajaran matematika di kelas V UPT SDN 38 Kulinjang. Jenis metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar Matematika, untuk ranah kognitif mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), untuk ranah afektif dan psikomotorik telah mencapai kriteria baik.Pembelajaran inkuiri terbimbing yang berorientasi pada proses dapat meningkatkan hasil belajar matematika. pada siklus I meningkat menjadi 65%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 79 %.
Full Text:
PDFReferences
Hanib, M. T., & Indriwati, S. E. (t.t.). Penerapan Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Karakter Siswa Kelas X.
Penelitian Tidakan Kelas.pdf. (t.t.).
Penelitian Tindan Kelas Teori Dan Praktek.pdf. (t.t.).
Undang-Undang Republik Indonesia. (t.t.).
UUD’45.pdf. (t.t.).
Wijaya, S., & Handayani, S. L. (2021). Pengaruh Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2521–2529. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1227
Article Metrics
Abstract view : 44 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats