Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 98 Bontomananai

Alfianur Rahman(1*), Fatimah Fatimah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD Kelas V dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan melibatkan guru dan siswa. Setiap siklus pada penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA. Pada pra siklus, persentase belajar siswa 45% kemudian meningkat pada siklus I sebanyak 70% dan semakin meningkat lagi menjadi 85% pada siklus II.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual

(Inovatif). Bandung. Yrama Widya

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta

Dewi,Rosmala.2015. Profesionalisasi Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas.Medan. Unimed Press.

Donni, Juni, Priansa. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran.Bandung. CV Pustaka Setia

Emir.2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif & Kuantitatif. Jakarta.PT Raja Grafindo

Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta.Pustaka Pelajar

Isjoni. 2010. CooperativeLearning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:Alfabeta.

. (2009). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Lie, A. 2005. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan. Yogjakarta. Penerbit TERAS.

Miftahul, Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan pembelajaran. Pustaka: Pelajar

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sudjana, N. 2009. Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

https://www.gurupendidikan.co.id/pekerjaan/.


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats