Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 96 Kalongkong

Musdalifah Musdalifah Musdalifah(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Nuraliyah Asma(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SDN 96 Kalongkong
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan pada penelitian ini yaitu, hasil belajar siswa kelas IV UPT SDN 96 Kalongkong Kabupaten Takalar yang belum mencapai standar ketuntasan minimum yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPT SDN 96 Kalongkong pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 19 orang siswa terdiri dari 11 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa diperoleh hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV UPT SDN 96 Kalongkong.


Full Text:

PDF

References


Alfianika, N. (2016). ANALISIS WACANA KRITIS TEORI INCLUSION THEO VAN LEEUWEN DALAM BERITA KRIMINAL TEMA PENCURIAN KORAN POSMETRO PADANG EDISI MEI 2013. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(1). https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i1.1407

Darmayoga, I. W., & Suparya, I. ketut. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Penatih Tahun Pelajaran 2019/2020 . EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar , Vol. 2, No. 1.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Literasi Sains. . Budi Utama.

Ilmi, N. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1).

Ma’ruf, M. F., Lukman, & Pasinggi, Y. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Enam Di Kabupaten Wajo. Pinisi Journal Of Education, Vol. 1 No,2.

Siregar, M. D. (2015). Kinerja Guru Dalam Mengelolah Proses Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education, 10(2), 233–247.

Situmorang, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. RajaGrafindo Persada.

Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK era 4.0. Penerbit Deepublish.

Susriyanti, Musfirah, & Lukman. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. NSJ Nubin Smart Journal, Vol 1, No. 4.

Zakariah, A., Afriani, V., & Zakariah. (2020). METODOLOGI PENELITIAN: KUANTATIF, KUALITATIF, ACTION RESEARCH: RESEARCH AND DEVELOPMENT (R and D). 2020.


Article Metrics

Abstract view : 143 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats