MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

Candra Candra(1*), Rosdiah Salam(2), Nur Aulya(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD, Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 16 Parepare
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan pada penelitian ini yaitu, hasil belajar siswa kelas III UPTD SD Negeri 16 Kota Parepare yang belum mencapai standar ketuntasan minimum yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam mengetahui tingkat persentase proses dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III UPTD SD Negeri 16 Kota Parepare pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 11 orang siswa terdiri dari 6 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan proses belajar dan hasil belajar siswa di kelas III UPTD SD Negeri 16 Kota Parepare.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based

Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran

(JPAP), Vol. 9 No. 2.

Astriyandi, A. A., & Darsiharjo. (2016). STUDI PENDEKATAN INQUIRY TIPE PROJECT BASED

LEARNING DENGAN GROUP INVERSTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP

PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP PADA VEGETASI MANGROVE DI KAWASAN

PANTAI KARANGSONG-INDRAMAYU. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 16 No.1.

Johar, R., & Hanum, L. (2021). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR: untuk Menjadi Guru yang

Profesional. Syiah Kuala Univercity Press.

Ma’ruf, M. F., Lukman, & Pasinggi, Y. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Enam Di Kabupaten

Wajo. Pinisi Journal Of Education, Vol. 1 No,2.

Nugraha, Muh. I., Tuken, R., & Hakim, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project

Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. PINISI

JOURNAL OF EDUCATION, Vol. 1 No. 2.

Situmorang, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. RajaGrafindo Persada.

Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner. Vol. 7,

No. 1, April 2018 9. Jurnal Media Pendidikan, Gizi Dan Kuliner., 7(1), 9–17.

Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK era 4.0. Penerbit Deepublish.

Syam, N. St. M., Nurjannah, & Maryam, St. (2017). Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe Two Stay

Two Stray Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran

Terpadu. Jurnal Publikasi Pendidikan, Volume VII Nomor 1.

Wahyu, R. (2016). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan

Kurikulum 2013. Teknoscienza, Vol.1 No.1.

Yani, A. (2020). MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MEINGKATKAN MOTIVASI

BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI. Ahlimedia Press.


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats