Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Peserta Didik Sekolah Dasar

Andi Dewi Ermawati S.(1*), Faidah Yusuf(2), Maskawati Maskawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 10 Manurunge
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan guru di kelas dengan menggunakan tindakan-tindakan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II yang terdiri dari 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan dengan rumus rata-rata nilai dan presentase ketuntasan. Indikator keberhasilan penelitian ditentukan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang harus dicapai peserta didik yaitu 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menyimak dongeng dengan menggunakan media pembelajaran audio visual di kelas II SD Negeri 10 Manurunge. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan data nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan dari pra siklus (68,22%) dengan ketuntasan sebesar 33,33% meningkat pada siklus I (72,38%) dengan ketuntasan sebesar 61,11%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi (88,33%) dengan ketuntasan sebesan 100%.


Full Text:

PDF

References


Gusal, La Ode. 2015. Nilai-nilai Pendidik Dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara KArya La Ode Sidu. Jurnal Humanika, 3(15) : 9.

Hanifah, Nurdinah dan Julia. 2014. Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Menata Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik. Bandung: UPI Sumedang Press.

Isharyani, Yul. 2014. Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD. Pontianak: Universitas Tanjung Pura.

Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sa’ud, U. (2018). INOVASI PENDIDIKAN (Riduwan, Ed.). Bandung: ALFABETA.

Tarigan, Henry. (2014). Berbicara Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 49 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats