PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL).

Nur Hasanah(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Sinardin Sinardin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPTD SPF SDN 12 Biccuing
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu siswa melalui penerapan model Problem Based Learning. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan  dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 6 UPTD SPF SDN 12 Biccuing yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar tematik terpadu peserta didik sebelum tindakan dengan nilai rata-rata 68 meningkat menjadi 77 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Ketuntasan belajar sebelum tindakan sebesar 43% (6 peserta didik) kemudian meningkat pada siklus I menjadi 64% (9 peserta didik) dan 79% (11 peserta didik) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar  tematik terpadu kelas 6 UPTD SPF SDN 12 Biccuing.


Full Text:

PDF

References


Agustina, S.D., Musfirah., & Reski, D.P. (2020). Peningkatan Kefektifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Pinisi Journal PGSD, 1(1), 1-9.

Handayani, R. H., & Muhammadi, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SD. E-Journal Pembelajaran Inovasi, 8(1), 78–88. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Students/Index.Php/Pgsd/Article/View/9780.

Hayati, A., Bentri, A., & Rahmi, U. 2017. Analyzing The Issues In The Implementation Of Authentic Assessment In The 2013 Curriculum. Al-Ta’lim Journal, 24(1), 53–59.

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194-202.

Kristiantari, M.R. 2015. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2), 460–470. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462

Pohan, S. A., & Dafit, F. 2021. Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191-1197.

Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Meningkatkan Belajar Siswa Menggunakana Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 17-24.


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats