MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS V

Ayu Lestari(1*), Hikmawati Usman(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dilaksakan dengan 2 siklus. Pengumpulan data mengguunakan teknik tes dan non tes, data dianalisis menggunakan teknik diskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif yang tuntas dari yang tuntas dari pra siklus 11 siswa (42%) meningkat menjadi 20 siswa (77%) pada siklus I dan meningkat menjadi 26 siswa (100%) pada siklus II. Hasil belajar afektif pada siklus I dan siklus II menunjukkan rata-rata sikap menghormati 89 meningkat menjadi 98, partisipasi 79 meningkat menjadi 90, bekerjasama 76 meningkat menjadi 86, tanggung jawab 83 meningkat menjadi 87. Hasil belajar psikomotorik pada siklus I dan II rata-rata aspek keterampilan membawa alat dan bahan 72 meningkat menjadi 89, mengoprasikan alat 81 meningkat menjadi 89, ketelitian 81 menjadi 91, dan mendemonstrasikan 83 meningkat menjadi 97. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA, baik hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik


Full Text:

PDF

References


Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press.

Christina, L.V, and Kristin Firosalia. 2016. “Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Inverstigation (GI) Dan Cooperative Integrated Reading and Compisition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4.” Jurnal Scholaria 6, No. 3.

Dewantara, Dede. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa (Studi Pada Siswa Kelas V Sdn Pengambangan 6 Banjarmasin).” Jurnal Paradigma 11 (2): 41–44.

Hidayat, Ratna, and Pratiwa Pujiastuti. 2016. “Pengaruh PBL Terhadap Ketrampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif IPA Pada SD.” Jurnal Prima Edukasi. 4 No. 2: 186–97.

Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Indonesia, P. R. 2006. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Indonesia, P.R. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” In .

Isjoni. 2013. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Nuraini, Fivi, and Firosalia Kristin. 2017. “Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd.” E-Jurnalmitrapendidikan 1 (4): 369–79. https://doi.org/10.1080/10889860091114220.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Nusa Media.

Sariadi, Ni Ketut. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD.” PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats