Penerapan Model Problem Based Learning pada Tema 6 Energi dan Perubahannya dapat Meningkatkan Sikap Kerjasama Peserta Didik

Yulianti Wijaya Kusno(1*), Hardiyanto Rahman(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Problem Based Learning diartikan sebagai Pembelajaran Berbasis Masalah yaitu jenis model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu kegiatan (Proyek) untuk menghasilakn suatu produk. Rumusan masalahnya adalah Apakah penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Tema 6 energi dan Perubahannya dapat Meningkatkan Sikap Kerjasama Peserta Didik ? Tujuan Penilitian adalah untuk mengetahui apakah Model Problem Based Learning dapat Meningkatkan Sikap Kerjasama Peserta Didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 di UPT SD Negeri 2 Belawae tahun ajaran 2022/2023. Tiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan dengan tahap : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan 17 peserta didikyang terdiri dari 7 pesreta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Hasil penelitian menujukkan aktivitas guru dan peserta didik pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup. Sedangkan pada Siklus II aktivitas guru dan peserta didik menungkat menjadi kategori baik. Dengan demikian, penerapan model problem based learning dapat meningkatkan Sikap Kerjasama pada peserta didik kelas III di UPT SD Negeri 2 Belawae.

Full Text:

PDF

References


Alwan. 2014. Pengertian Kerjasama Menurut para Ahli, (Online), http://www.duniapelajar.com/2014/07/29/pengertian-kerjasama-menurut-para-ahli/,(diakses tanggal 22 Agustus 2018)

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Fathurrohman, Pupuh, Suryana, & Fatriany. 2013. Pengembangan Pendikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Fitri, 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Haryono. 2015. Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Amara Books.

Hosnan, . 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran.

Iskandar, D. Narsim.(2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa.

Kartadinata, Sunaryo. 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter.Jakarta : Bumi Aksara.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kunandar . 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Mira.2012.Pentingnya Kerjasama dalam Kelompok, (Online),http://mira-seplita.blogspot.co.id/2012/01/kerjasama.html?m=1,(diakses tanggal 22 mei 2018)

Nurdin. Syafrudin & Adriantoni 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI No 104 tahun 2014 Tentang skala penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebuduyaan.

Suyadi. 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Agama.

Wijaya, David. 2018. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Wijaya, E. C. (2018). MENINGKATKAN SIKAP BEKERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 2 DI KELAS V SD NEGERI BHAKTI WINAYA (Penelitian Tindakan kelas Pada Tema 2 Peristiwa Dalam Kehidupan, di kelas V Sekolah Dasar Negeri Bhakti Winaya) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Zain Aswan, dkk. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta; Rineka Cipta


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats