Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning pada SDN 14 Babana

Nurul Hikmah(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Sayidiman Sayidiman(3), Halima Halima(4), Halima Halima(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(4) UPT SPF SDN 14 Babana
(5) UPT SPF SDN 14 Babana
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 14 Babana dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas 1 yang berjumlah 25 orang peserta didik. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Prosedur  penelitian terdiri dari II siklus. Adapun hasil penelitian yaitu proses dan hasil dengan menerapkan model problem based learning pada pembelajaran tematik yang mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyani, B & Kristin, F (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Halaman 354 – 358.

Asmini T (2020). Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui model Problem Based Learning pada Kelas 1 SDN NUNU. Universitas Negeri Makassar.

Isma, T. W, dkk (2021). Peningkatan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Halaman 156.

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828.

Kristiani E, dkk (2019). Pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan. Halaman 785 - 794.

Nayyanrises. (2012, 23 November). Model Penelitian Tindakan Kelas. Diakses pada 26 Februari 2023, dari Model Penelitian Tindakan Kelas | the STORY of US (wordpress.com)

Parasamya, c. e., & wahyuni, a. (2017). upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl). jurnal ilmiah mahasiswa (jim), 2(1), 42–49.

Yulianti, E & Gunawan, I (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning: Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 18 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats