Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Pop – Up Book

Septiarini Syarif(1*), Andi Makkasau(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif  dengan  model Kurl Lewin bertujuan untuk mendeskripsiskan penerapan media pop-up book sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN I Pakalu I.  Penelitian ini dilakukan  dalam II siklus dengan melibatkan guru dan siswa.  Teknik  pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari  observasi, wawancara, evaluasi dan dokumetasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pop-up book  sebagai  metode pembelajaran efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa indonesia siswa kelas IV SDN I Pakalu I. Setiap siklus penelitian ini menghasilkan peningkatan yang siknifikan. Penelitian ini mengungkapakan bahwa siswa menunjukkan minat yang tinggi dan aktif selama pembelajaran dengan menggunakan media Pop-up book. Kegiatan interaktif  dengan menggunakan medai pop-up book memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih berbicara bahasa Indonesia dengan cara yang menyenangkan dan menarik.


Full Text:

PDF

References


Alviolita Widyani, N., & Huda, M 2019. Media Pop-Up Book dalam pembelajaran bercerita.

Journal pendidikan bahasa indonesia (vol. 7 Issue 1).

Arsyad Azhar, M.D 2013. Media pembelajaran. PT Rajagrafindo persada, Depok

Dewanti, H., E Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (n.d) 2017. Pengembangan media Pop-Up

Book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 Pakunden

Kabupaten Ponorogo. Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.4, 139-148.

Dibia I Ketut, S. 2018. Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. PT. RajaGrafindo Persada,

Depok.

Emindar, E. 2018. Bahasa indonesia pengembangan kepribadian diperguruan tinggi. PT

rajagrafindo persada, Depok.

Kadang Eva, S. 2019 & 2020. Keterampilan berbahasa indonesia. Badan pusat penerbit

Universitas Negeri Makassar

Rahmatillah sisi, Syarip hidayat, & Seni apriliya 2017. Media Pop-Up Bok untuk pembelajaran

bahasa indonesia di kelas rendah. Journal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar.

Tarigan, Hendry Guntur, 2008. Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung:

Angkasa

Telaumbanu Martinus, 2020. Belajar teori dan praktik dalam penelitian tindakan sekolah.

Ahlimedia Press.


Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats