PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

Rezki Amalia(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III A pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III a SDN 4 Rappang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 20 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dengan menggunakan analisis data kualitatif dan diperoleh skor indikator yang dicapai dari hasil observasi kegiatan guru pada siklus I adalah 55%, dan observasi kegiatan siswa mencapai 61% termasuk kategori cukup. Pada siklus II hasil observasi guru dengan persentase keberhasilan 66% dan obervasi kegiatan siswa mencapai 74% termasuk kategori cukup. Selanjutnya pada siklus III observasi guru dengan kategori baik dan persentase keberhasilan 88%, adapun hasil observasi siswa menunjukka kategori baik dengan persentase keberhasilan 93%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya strategi DRTA dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III a UPT SD Negeri 4 Rappang.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 23 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats