Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I

Afdal Dicky Candra(1*), Surhayati Surhayati(2), Surhayati Surhayati(3),

(1) Pendidikan Profesi Guru
(2) UPTD SD Negeri 44 Barru
(3) UPTD SD Negeri 44 Barru
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian yaitu kemampuan membaca siswa masih sangat kurang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada kegiatan membaca di Kelas I UPTD SD Negeri 44 Barru dan apakah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa di Kelas I UPTD SD Negeri 44 Barru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran problem based learning pada kegitan Membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas I dan untuk mengetahui peningkatan hasil membaca dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Subjek penelitian siswa yang berjumlah 20. Penelitian dilaksanakan tiga siklus. Berdasarkan hasil tindakan yang dilakukan terjadi peningkatan ketuntasan siswa yang terjadi pada pra Siklus, Siklus I, dan II sebesar 6 siswa, 14 siswa, dan 20 siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatan keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I UPTD SD Negeri 44 Barru. Selain itu juga, model PBL sangat efektif diterapkan dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I UPTD SD Negeri 44 Barru.


Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models inIncreasing Critical T hinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.

Darmadi. 2017. Pengembagan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Budi Utama.

Hayati, S. 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha Cendekia.

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826

Kurniawan, N. 2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish.

Musfirah, Mukhlisa. N., Nur, F. (2021). Penerapan Model Take And Give Pada Pembelajaran Tema 2 Tentang Persatuan dan Kesatuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI UPT Sd Negeri 109 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan. XX (XX, XXX p-ISSN).

Mustafa, Setya, P., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M. J., Fachrozi, I., Rodriquez, E. I. S., Prasetyo, T. B., & Romadhana, S. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Universitas Negeri Malang.

Nurdin, I., & Hartati, S. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.

Octavia, S. A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik. 7(1).

Salam, R., Zunaira, & Niswaty, R. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Membuat Dokumen Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match (Mencari Pasangan). Jurnal Office, 2, 174.

Sinar. 2018. Metode Active Learning. Deepublish.

Sudirman, & Maru, R. 2014. Implementasi Model-Model Pembelajaran dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Takari, E. R. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Genesindo.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2023 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats