Peningkatan Partisipasi Aktif Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Nur Awaliah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas V SD Negeri Centre Malino Kabupaten Gowa melalui penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dalam mengerjakan tugas kelompok, sehingga partisipasi aktif dalam kelompok menjadi kurang. Namun, pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan dalam partisipasi aktif siswa. Seluruh siswa terlibat secara aktif dalam mengerjakan tugas kelompok, mencatat hasil diskusi, serta memberikan masukan atau pendapat untuk menyelesaikan tugas kelompok. Dengan demikian, penerapan PBL dalam pembelajaran di kelas V SD Negeri Centre Malino Kabupaten Gowa memberikan dampak positif dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik. Hal ini dapat membantu siswa untuk menjadi lebih terlibat, motivasi belajar meningkat, dan pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi mereka. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan membangun keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan di dunia nyata.


Full Text:

PDF

References


REFFERENCE

Afandi, M., Chamala, E., & Wardani, Puspita. O. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran di Sekolah. UNISSULA PRESS. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313015/9230susun_ISI_DAN_DAFTAR_PUSTAKA_BUKU_MODEL_edit_.pdf

Dimyati, & Mudjiono. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Haerullah, A., & Hasan, S. (2017). Buku Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Lintas Nalar, CV. http://repository.unkhair.ac.id/99/1/BUKU%20MODEL%20%26%20PENDEKATAN%20PEMBELAJARAN%20INOVATIF.pdf

Hendracipta, N. (2021). Model-Model Pembelajaran SD. Multikreasi Press. https://eprints.untirta.ac.id/5468/1/Buku%20Ajar%20Model%20Pembelajaran%202021%20%282%29.pdf

Inayati, B. F., & Kristin, F. (2018). Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah PGSD. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/3286/2792

Lamalelang, E. (2017). Penerapan Strategi Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Kelas Iv Sd N Sawit The Implementation Of Problem Based Learning Strategy To Increase The Students Active Participation In Civic Education. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 4). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/6648/6414

Mardhiyah, H. R., Aldriani, F. N. S., Chitta, F., & Zulfikar, R. M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12. https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/5813/2659

Muis Sad Iman. (2014). Pendidikan Partisipatif Menimbang Konsep Fitrah dan Progresifisme John Dewey. Safiria Insania Press.

Prihatin, Y., & Pd, M. (2019). MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF. Manggu Makmur Tanjung Lestari. www.penerbitmanggu.co.id

Restisiwi, K., & Istikharoh, L. (2020). Penerapan Problem Based-Learning Melalui Lesson Study Pada Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Dan Kerjasama Siswa Dalam Diskusi Kelompok. In Jurnal Ilmiah Kependidikan: Vol. XIV (Issue 1). https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/viewFile/8466/3379

Sahono, B., Negeri, S., & Bengkulu, U. (2020). Application Of The Problem-Based Learning Model To Increase Student Participation And Learning Achievement. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/18142/8548

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.

Suryosubroto. (2016). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.

Syahrul, R. (2018). BUKU MODEL Berbasis Problem Based Learning (PBL) Kelas X SMA. https://osf.io/j6dp3/download

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) (1st ed.). CV Budi Utama. http://eprints.unm.ac.id/9011/1/Buku

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366


Article Metrics

Abstract view : 193 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats