Peningkatan Partisipasi Aktif Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas V SD Negeri Centre Malino Kabupaten Gowa melalui penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dalam mengerjakan tugas kelompok, sehingga partisipasi aktif dalam kelompok menjadi kurang. Namun, pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan dalam partisipasi aktif siswa. Seluruh siswa terlibat secara aktif dalam mengerjakan tugas kelompok, mencatat hasil diskusi, serta memberikan masukan atau pendapat untuk menyelesaikan tugas kelompok. Dengan demikian, penerapan PBL dalam pembelajaran di kelas V SD Negeri Centre Malino Kabupaten Gowa memberikan dampak positif dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik. Hal ini dapat membantu siswa untuk menjadi lebih terlibat, motivasi belajar meningkat, dan pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi mereka. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan membangun keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan di dunia nyata.
Full Text:
PDFReferences
REFFERENCE
Afandi, M., Chamala, E., & Wardani, Puspita. O. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran di Sekolah. UNISSULA PRESS. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313015/9230susun_ISI_DAN_DAFTAR_PUSTAKA_BUKU_MODEL_edit_.pdf
Dimyati, & Mudjiono. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Haerullah, A., & Hasan, S. (2017). Buku Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Lintas Nalar, CV. http://repository.unkhair.ac.id/99/1/BUKU%20MODEL%20%26%20PENDEKATAN%20PEMBELAJARAN%20INOVATIF.pdf
Hendracipta, N. (2021). Model-Model Pembelajaran SD. Multikreasi Press. https://eprints.untirta.ac.id/5468/1/Buku%20Ajar%20Model%20Pembelajaran%202021%20%282%29.pdf
Inayati, B. F., & Kristin, F. (2018). Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah PGSD. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/3286/2792
Lamalelang, E. (2017). Penerapan Strategi Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Kelas Iv Sd N Sawit The Implementation Of Problem Based Learning Strategy To Increase The Students Active Participation In Civic Education. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 4). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/6648/6414
Mardhiyah, H. R., Aldriani, F. N. S., Chitta, F., & Zulfikar, R. M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12. https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/5813/2659
Muis Sad Iman. (2014). Pendidikan Partisipatif Menimbang Konsep Fitrah dan Progresifisme John Dewey. Safiria Insania Press.
Prihatin, Y., & Pd, M. (2019). MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF. Manggu Makmur Tanjung Lestari. www.penerbitmanggu.co.id
Restisiwi, K., & Istikharoh, L. (2020). Penerapan Problem Based-Learning Melalui Lesson Study Pada Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Dan Kerjasama Siswa Dalam Diskusi Kelompok. In Jurnal Ilmiah Kependidikan: Vol. XIV (Issue 1). https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/viewFile/8466/3379
Sahono, B., Negeri, S., & Bengkulu, U. (2020). Application Of The Problem-Based Learning Model To Increase Student Participation And Learning Achievement. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/18142/8548
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.
Suryosubroto. (2016). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.
Syahrul, R. (2018). BUKU MODEL Berbasis Problem Based Learning (PBL) Kelas X SMA. https://osf.io/j6dp3/download
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) (1st ed.). CV Budi Utama. http://eprints.unm.ac.id/9011/1/Buku
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Article Metrics
Abstract view : 193 times | PDF view : 61 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats