Penerapan Model Pembelajaran Problem Based-Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perpindahan Kalor di Kelas V Parepare

Andi Muhammad Fargly(1*), Hartoto Hartoto(2), Hartoto Hartoto(3),

(1) Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Studi ini menelaah penerapan model pembelajaran Problem Based-Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perpindahan Kalor di Kelas V UPTD SD Negeri 4 Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah enelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengetahui tingkat persentase hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi akhir pada setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V UPTD SD Negeri 4 Parepare pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 orang siswa terdiri dari 10 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa diperoleh hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model Problem Based-Learning dapat meningkat proses belajar dan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor di kelas V UPTD SD Negeri 4 Parepare.


Full Text:

PDF

References


Anitah W, S. 2018. Strategi Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Anugraheni, I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models inIncreasing Critical T hinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Rineka Cipta.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Budi Utama.

Hayati, S. 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha Cendekia.

Hotimah, H. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2014 SD kelas V.

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826

Kurniawan, N. 2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish.

Mustafa, Setya, P., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M. J., Fachrozi, I., Rodriquez, E. I. S., Prasetyo, T. B., & Romadhana, S. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Universitas Negeri Malang.

Nurdin, I., & Hartati, S. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.

Octavia, S. A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Salam, R., Zunaira, & Niswaty, R. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Membuat Dokumen Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match (Mencari Pasangan). Jurnal Office, 2, 174.

Sinar. 2018. Metode Active Learning. Deepublish.

Sudirman, & Maru, R. 2014. Implementasi Model-Model Pembelajaran dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Takari, E. R. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Genesindo.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2023 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats