PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI DASAR DI SDN 138 PEKANBARU

Desnita Desnita(1), Irma Nurdianti(2), Lara Hati(3*), Febrina Dafit(4),

(1) Universitas Islam Riau
(2) Universitas Islam Riau
(3) Universitas Islam Riau
(4) PGSD Universitas Islam Riau
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi literasi dasar di SDN 138 Pekanbaru yang meliputi penerapan penerapan program literasi, sarana prasarana, proses pelaksanaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi, sumber data penelitian ini adalah guru kelas V di SDN 138 Pekanbaru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman observasi, pedoman dokumentasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan aktivitas literasi dasar di SDN 138 Pekanbaru sudah sampai tahap pembelajaran walaupun masih belum optimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SDN 138 Pekanbaru sudah menerapkan 5 literasi dasar yaitu literasi Baca-tulis, literasi numerasi, literasi finansial, literasi digital, literasi budaya kewargaan.


Full Text:

PDF

References


Fahrianur, ria, monica, dkk. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR). Vol. 1 No. 1, 3-5. https://www.jsr.org/index.php/path#google_vignette.

Faridahtul, shofia, adelia, ddk. (2022) Pererapan gerakan literasi sekolah di sd negri gading kulon li kabupaten probolinggo. Jurnal seminar sosial sains, pendidikan,humaniora(SENASSDRA). Volume 1, 324-334. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA.

Oktariani, and evri ekadiansyah.(2020).“Peran literasi dalam pengembangan kemampuan berpikir.” Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, vol. 1, no. 1. https://jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/article/view/11/pdf.


Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats