Efektivitas Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV

Afif Arina(1*), Muhammad Irfan(2), Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran di kelas menggunakan media Wordwall, (2) mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa kelas IV materi pecahan, dan (3) mengetahui efektivitas media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV materi pecahan UPTD SDN 175 Kawarasan Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penggunaan media Wordwall berjalan dengan sangat baik. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kontrol yang berarti adanya peningkatan hasil belajar matematika pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Didukung dengan N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran menggunakan media Wordwall berlangsung sangat efektif, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan, (3) media Wordwall sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV materi pecahan UPTD SDN 175 Kawarasan Kabupaten Luwu Timur.


Full Text:

PDF

References


Afifah, S. (2019). Pengaruh Kejenuhan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Sistem Pesantren Modern. 7(4), 527–532.

Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Faturohman, I., Iswara, E., & Gozali, S. M. (2022). Self-Confidence Matematika Siswa dalam Penerapan Pembelajaran Online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 85–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1048

Fisika, P. (2020). Analisis efektivitas media pembelajaran e-learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas x pada pelajaran fisika.

Indra Sukma, K., Handayani, T., & Muhammadiyah Hamka, U. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2767

Karmila, W., Achmad, S., Idrus, N. A., Irfan, M., & Utami, U. (2022). Pembuatan dan Penggunaan Media Big Book dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada KKG Gugus 22 Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. 6, 396–402.

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Penggunaan Media Pembelajran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. 3(5), 2854–2860.

Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842

Susanto, D. (2018). JPSE : Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui PEMBELAJARAN MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 4(1), 72–81.

Wibowo, E. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. … -Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan …, 2(1), 75–78. http://ejournal.unsa.ac.id/index.php/seruni/article/view/698

Zulkurnia, D., & Jaya, M. T. B. S. (n.d.). Pengembangan LKPD Berbasis Proyek pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Kota Metro.


Article Metrics

Abstract view : 115 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats