PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS 6 UPTD SDN 188 BARRU
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian mengenai penerapan model pembelajaran Survey Question Read Retice Review terhadap peningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa pada siswa kelas 6 UPTD SDN 188 Barru. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kulitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran Survey Question Read Retice review terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI UPTD SDN 188 Barru. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Survey Question Read Retice Review pada proses pembelajaraan dan hasil belajar membaca pemahaman. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis melalui 3 tahap yaitu reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data penelitian hasil observasi aktivitas belajar siswa dan mengajar guru mengalami peningkatan disetiap pertemuannya dan telah mencapai kategori baik dan hasil belajar membaca pemahaman telah mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan. Maka dari itu hasil dari penelitian yang menggunakan model pembelajaran Survey Question Read Retice Review dapat meningkatkan hasil belajar membaca kemampuan pada siswa kelas 6 UPTD SDN 188 Barru.
Full Text:
PDFReferences
Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta
Eva, kadang. (2021). Pendidikan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Makassar: Garis Khatulistiwa.
Finalisa, A. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Metode SQ3R (Survey,Question, Read, Recite, Review) Pada Siswa Kelas V. Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, FIKT. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu
Pujana, W.A, dkk. (2014). Pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa indonesia siswa kelas 1. e-Jurnal mimbar PGSD Universitas Ganesha, Volume2, nomor 1, Hal 1-2
Article Metrics
Abstract view : 6 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats