Penggunaan aplikasi City street sebagai media interaktif pembelajaran tematik dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Rappokalling 1 Makassar

Nur Laely(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Ahmad Syawaluddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi city streets sebagai media interaktif pembelajaran tematik dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Rappokalling 1 Makassar. Jenis penelian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa dan guru kelas III,, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Hubermen. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi city streets sangat cocok diterapkan serta dapat meningkatkan minat belajar siswa, dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan tapi tidak menghilangkan atau menurunkan pemahaman siswa mengenai materi serta memanfaatkan teknologi.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, 2013.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenada media Group

Darmadi, Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa (Yogyakarta: Depublish, 2017), h.318.

Dewi, Intan Kurnia dan Ika Parma Dewi. 2019. Penerapan media interaktif berbasis multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal kapita selekta geografi. 2(12):29-44.

E. Mulyasa, (2013). Perkembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosda Karya, hal.59.

Hasan Abdurahman & Asep Ririh Riswajaya. 2014 . Aplikasi pinjaman pembayaran secara kredit pada bank yudha bhakti Jurnal computech dan bisnis .Vol.8, No.2,Hal, 62

Ilyas Ismail, Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran, (Makassar : Cendekia Publisher, 2020), 43.

Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2016), h. 270-271.

Ricardo dan Rini Intansari Meilani, impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 2, No. 2, Juli 2017, h. 191

Rudy Sumiharsono dan Hisbiyatul Hasanah, Media Pembelajaran, (Jember : pustaka abadi, 2017), 10.

Slameto/ 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta :PT Rineka Cipta

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dalam Pasal 1


Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats