Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Anugrah Putri Utami(1*), Latri Latri(2), Erwina Pranesti Indria(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres BTN Ikip 1
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Gambaran penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran matematika pada siswa. (2) Gambaran hasil belajar matematika pada siswa. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika pada siswa. di Kelas V SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah quasi experimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 92 orang siswa. Adapun sampel penelitian ini siswa kelas VA dan VB sebanyak 62 orang dengan menggunakan metode probability sampling dengan jenis teknik cluster random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data berupa nilai dari raport siswa yang dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial  menggunakan uji t (parsial), uji koefisien korelasi (R), dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan  hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas V SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar memberikan pengaruh positif terbukti dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan pada setiap pertemuan mengalami peningkatan dari kategori efektif menjadi sangat efektif. 2) Hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih meningkat dibandingkan hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar matematika dari kategori sangat kurang meningkat ke kategori cukup. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa di SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar pada pembelajaran matematika.


Full Text:

PDF

References


Alfianika, N. 2016. Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Aunurahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyanti, dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: UNM

.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press Surabaya.

Karsono. 2006. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Mata Pelajaran Matematika untuk Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Martinis, Yamin. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jambi: Gaung Persada Pers.

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novita Putri Ayudya, Rizki. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Pasuruan. Lampung Selatan: Universitas Lampung.

Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2007. Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Undang-Undang. No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cipta Umbara.

Upu, H. 2003. Problem Soving dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Yanti, Susi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar IPS Kelas IV.A SD Negeri 79 Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Riau.


Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats