Hubungan Pemberian Hadiah dan Hukuman Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Biringkaloro Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Biringkaloro Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Biringkaloro Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa yang terdiri dari tiga kelompok kelas, sedangkan pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu dengan jumlah sampel seluruh siswa kelas V SD Negeri Biringkaloro. , berjumlah 82 siswa. Data penelitian diperoleh dengan cara membagikan angket hadiah, hukuman dan angket motivasi belajar kepada siswa. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil statistik deskriptif diperoleh dari hasil pembagian hadiah dan hukuman, serta hadiah motivasi belajar dengan data berupa tabel distribusi. Hasil analisis statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan Uji Korelasi Pearson Product Moment. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa reward dan punishment pada siswa kelas V berada pada kategori baik dan dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Biringkaloro Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Kabupaten dengan tingkat kekerabatan yang sangat kuat. Hasil analisis statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan Uji Korelasi Pearson Product Moment. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa reward dan punishment pada siswa kelas V berada pada kategori baik dan dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Biringkaloro Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Kabupaten dengan tingkat kekerabatan yang sangat kuat. Hasil analisis statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan Uji Korelasi Pearson Product Moment. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa reward dan punishment pada siswa kelas V berada pada kategori baik dan dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Biringkaloro Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Kabupaten dengan tingkat kekerabatan yang sangat kuat.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 23 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats